Menikmati Pesona Festival-Festival di Inggris


sebuah jurnal – Selain mencari keseruan, datang ke festival juga dapat memberikan kesempatan untuk bergaya dan berfoto sekeren mungkin. Kalau kamu fashion enthusiast, pasti akan berdandan sesuai tema dan foto OOTD. Sedangkan kamu yang suka foto bertema human interest atau alam, pasti akan senang sekali jika datang ke festival-festival di Inggris karena penonton yang ekspresif dan suasana alam yang bagus. Yuk, tengok festival-festival paling Instagrammable berikut ini!

Green Man Music Festival

15-18 Agustus 2019 di Crickhowell, Brecon Beacons, Wales.

Green Man Festival_Festival Instagrammable di Inggris

Green Man Festival di Brecon Beacons, Wales, menawarkan pengalaman unik untuk menikmati festival musik sambil berkemah di alam terbuka. Lokasinya pun sangat menarik, yaitu di kaki bukit Black Mountain.

Festival ini menjual tiket khusus untuk pengunjung yang ingin menghadiri festival selama satu minggu penuh. Tiket ini sangat cocok untuk kamu yang ingin nonton konser musik sambil berlibur di salah satu area paling indah di Wales ini.

Green Man Festival memiliki 10 titik yang terdiri dari arena konser, tempat bermain, tempat makan, area relaksasi, dan area seru lainnya yang yang mudah dijangkau dan ramah keluarga. Makanya nggak heran kalau Green Man Festival ini jadi salah satu festival musik favorit semua kalangan.

Green Man Festival_Festival Instagrammable di Inggris

Hal lain yang membuat Green Man Festival unik adalah festival ini hanya menjual makanan dan minuman dari produsen lokal, sehingga harganya lebih murah dibanding harga makanan di festival lainnya. Festival ini juga terkenal karena selalu mengundang musisi berkualitas. Wah, pantas saja Green Man Festival disebut-sebut sebagai salah satu festival terbaik se-Eropa!

Reputasi festival yang baik dari tahun ke tahun membuat tiket Green Man Festival selalu habis jauh sebelum acara berlangsung. Kalau tidak mau kehabisan tiket festival ini, segera pesan di sini, ya! Jangan lupa memilih tiket Settler’s Pass jika ingin menginap sepanjang acara berlangsung.

Cara menuju lokasi Green Man Festival:

– Naik coach atau bus National Express (EUR 28 sekitar Rp524 ribu) dari London sampai ke tempat konser.

– Naik kereta turun di Abergavenny (EUR 59,50 atau sekitar Rp1,1 juta) lalu lanjut naik bus pengumpan gratis ke lokasi

(Baca juga: Menikmati Pesona Danau Toba di Balige Tobasa #2)

Field Day Festival

7-8 Juni 2019 di Meridien Water, Enfield, London.

Field Day_Festival Instagrammable di Inggris

Salah satu festival musik terbesar di London ini sudah ada sejak 12 tahun lalu, lho! Tahun ini, FIeld Day Festival pindah lokasi dari Brockwell Park ke Meridian Water, Enfield. Deretan artis papan atas yang akan tampil pun sudah diumumkan. Ada Diplo, Skepta, Jorja Smith, Jungle, dan masih banyak lagi. Mengingat Meridian Water jauh lebih luas dari lokasi sebelumnya, Field Day Festival tahun ini akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah.

Jika tahun-tahun sebelumnya Field Day Festival diadakan di taman terbuka, tahun ini festival akan diadakan di bekas gudang penyimpanan atau warehouse. Ada empat gudang yang akan digunakan sebagai arena konser. Selain itu, ada area seluas 10 hektare yang berfungsi sebagai lokasi bermain dan tempat makan.

Selain penampilan sederet musisi populer, Field Day Festival juga jadi ajang anak muda Inggris untuk bergaul. Kalau kamu ke sini, pastikan untuk memakai pakaian terkeren kamu, ya. Supaya bisa foto dan merekam keseruan festival, lalu update di Instagram.

Cara menuju lokasi Field Day Festival:

– Naik kereta atau tube ke Tottenham Hale Station lalu jalan kaki atau naik taksi ke tempat konser.

– Dari Liverpool atau Stratford turun di Stasiun Meridian Water dilanjutkan jalan kaki 7 menit ke lokasi.

Garlic Festival

17-18 Agustus 2019 di Fighting Cocks Crossroads, Bathingbourne Ln, Isle of Wight.

Festival Tahunan yang Instagrammable di Inggris

Festival kuliner terbesar di Isle of Wight ini super unik karena menjadikan bawang putih sebagai bahan utama di semua menu yang dijual. Cuma di festival ini kamu bisa mencicipi es krim atau bahkan bir yang berbahan dasar bawang putih. Selain menghadirkan kios makanan dan minuman yang menunya berbahan dasar bawang putih, festival ini juga mengadakan kegiatan yang seru banget. Ada kelas memasak untuk orang dewasa dan anak-anak, seminar, pertunjukkan sulap dan sirkus, serta pertunjukan musik.

Ventnor Isle of Wight, Inggris

Pantai cantik di Ventnor, Isle of Wight. (Foto: Paul J. Martin / Shutterstock)

Garlic Festival sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Anak-anak dan orang tua bisa mengikuti semua kegiatan yang diadakan selama dua hari di sini. Selain kulineran, kamu juga bisa sekalian jalan-jalan di pulau penghasil bawang putih terbesar di Inggris ini.

Cara menuju ke lokasi Garlic Festival:

– Naik kendaraan pribadi ke Fighting Cocks Crossroads, Bathingbourne Lane, Sandown

– Naik Red Jet Foot Passenger dari Southampton ke Cowes

– Naik Wightlinks (kapal fery) ke Ryde Pier Head/Fishbourne/Yarmouth, lalu naik bus ke lokasi festival

– Naik Hovertravel (kapal fery) ke Ryde lalu naik bus gratis

– Kalau kamu sudah di Isle of Wight, naik bus Southern Vectis ke lokasi festival

Pub in the Park

Setiap akhir pekan sepanjang bulan Mei – September di seluruh penjuru Inggris.

Pub in the Park

Ingin datang ke festival yang santai tapi seru? Datang saja ke Pub in the Park. Festival kuliner yang diinisiasi seorang selebriti koki Inggris, Tom Kerridge, ini punya sederet acara menyenangkan yang tentunya membuat kenyang. Kerennya lagi, kios-kios di festival ini adalah kios restoran yang telah mendapatkan Michelin Stars! Hanya di festival ini kamu bisa makan sajian tapas dari restoran mewah seharga mulai dari 5 pound.

Satu lagi yang bikin festival ini nggak boleh dilewatkan adalah lokasinya yang berupa taman terbuka. Baik datang bersama teman-teman atau keluarga, akan sama menyenangkannya. Bahkan, ada spot bermain dan hiburan khusus buat anak-anak juga. Pastikan foto sebanyak-banyaknya karena acaranya di taman dan cuaca sedang cerah.

Leeds Town Hall
Leeds Town Hall

Tahun ini Pub in the Park berlangsung tiap akhir pekan dari Mei sampai September di Higgins Park, Marlow (17-19 Mei), Roundhay Park, Leeds (31 Mei – 2 Juni), The Lambing Shed, Knutsford (7 – 9 Juni), Royal Victoria Park, Bath (21-23 Juni), St. Nicholas Park, Warwick (5-7 Juli), Dunorlan Park, Tunbridge Wells (12-14 Juli), Chiswick House & Gardens, Chiswick (6-8 September), Verulamium Park, St. Albans (13-15 September). Jangan lupa beli tiketnya di sini sebelum berangkat, ya. Buat kamu yang berencana pergi bersama teman-teman, Basement Jaxx dijadwalkan tampil di Pub in the Park Roundhay Park, Leeds, lho. Tidak hanya itu, Clean Bandit juga akan menyapa pengunjung yang datang ke Pub in the Park Chiswick House & Garden.

Paddington Design Central

14-22 September di Paddington Central, London.

Paddington Central Design Route

Paddington Design Central merupakan bagian dari London Design Festival yang terletak di area Paddington Central. Sesuai namanya, festival ini berisi instalasi berdesain keren yang sangat Instagrammable. Paddington Central adalah salah satu Design Route yang menjadi sorotan di London Design Festival.

Paddington Central Station
Interior Paddington Station yang futuristik

Paddington Central sendiri merupakan salah satu area urban yang berkembang pesat di London. Letaknya yang berdekatan dengan Paddington Station dan Grand Union Canal yang ikonik membuat lanskap Paddington Central begitu memesona.

Cara menuju ke Paddington Central:

– Naik kereta atau tube ke Stasiun Paddington. Kalau kamu sudah ada di London, taksi juga dapat menjadi pilihan transportasi.

Wajib hukumnya untuk berfoto dan bergaya saat di Inggris untuk kemudian diunggah ke media sosial. Alam, arsitektur, dan lingkungan Inggris yang cantik akan terasa semakin menyenangkan dengan adanya festival-festival seru tersebut.